Implementasi Teknologi Blockchain Allianz

Teknologi blockchain merupakan solusi terbaru atas masalah yang sudah lama, merupakan inisiatif inovasi dan persembahan dari AGCS – Allianz Global Corporate & Specialty –

Artikel sebelumnya : Teknologi Blockchain Allianz , telah menjelaskan apa itu blockchain dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Selama ini orang cenderung selalu mengkaitkan teknologi blockchain dengan uang digital atau bitcoin.

Padahal, uang digital, atau bitcoin, hanyalah semata salah satu akibat atau hasil dari penggunaan teknologi blockchain.

Teknologi blockchain jelas merupakan langkah berikutnya dalam evolusi teknologi. Seperti halnya semua protokol berbasis open source lainnya, potensi sesungguhnya dari teknologi blockchain ada dalam berbagai cara teknologi ini bisa dimanfaatkan secara optimal.

Teknologi blockchain awalnya lahir dari kebutuhan untuk mentransfer uang dari satu orang ke orang lain (peer to peer) tanpa membutuhkan perantara seperti bank. Tapi hari ini, blockchain telah menemukan aplikasi  dalam berbagai proses bisnis dan industri seperti industri supplier, logistik, ritel, dan sebagainya. Blockchain untuk industri asuransi tidak terkecuali.

Bila Anda belum memahami blockchain, masih bingung atau memerlukan informasi dasar tentang teknologi blockchain, Anda dapat membaca pengenalan tentang teknologi blockchain di artikel saya yang lalu : Teknologi Blockchain Allianz

Artikel tersebut dibuat dengan bahasa dan analogi yang sangat sederhana sehingga sangat mudah dipahami.

Sebagai penyedia layanan asuransi terkemuka dunia, Allianz telah melakukan uji coba penggunaan teknologi blockchain dalam dunia asuransi. Allianz mempelopori prototipe blockchain untuk pasar asuransi captive.

Asuransi captive merupakan sebuah alternatif berasuransi yang berbentuk self-insurance, dimana perusahaan/grup induk membuat suatu anak perusahaan berupa perusahaan asuransi terlisensi yang bertugas melayani asuransi jaringan perusahaan itu sendiri. Hal ini bertujuan untuk efisiensi dalam rangka membuat layanan asuransi yang customized, atau sesuai keadaan dan kebutuhan perusahaan.

Perusahaan induk melalui perusahaan asuransi buatannya, terkadang mengasuransikan resiko pelanggan secara grup. Ini merupakan bentuk alternatif dari manajemen resiko yang lebih praktis, dimana perusahaan dapat melindungi diri mereka sendiri secara finansial dan secara bersamaan memiliki kontrol yang lebih besar atas bagaimana mereka diasuransikan.

Mari kita bayangkan sebuah perusahaan berskala internasiona bernama ACME, yang memiliki jaringan kantor dan karyawan di berbagai penjuru dunia. Seperti lazimnya perusahaan multinasional berskala global, ACME memiliki berbagai resiko bisnis yang beragam dan kompleks untuk ditangani.

Maka ACME memutuskan untuk berpartner dengan AGCS – Allianz Global Corporate & Specialty, untuk melakukan kontrol dan mitigasi terhadap resiko bisnis perusahaan. ACME tidak membeli produk asuransi jadi dari Allianz, namun membentuk anak perusahaan berupa perusahaan asuransi terlisensi

Allianz melalui AGCS – Allianz Global Corporate & Specialty, membuat suatu desain dan menjalankan program perusahaan asuransi captive ini atas nama ACME. Sebagai perusahaan asuransi terdepan di dunia, Allianz bermitra dengan ACME, untuk mengelola setiap program, mempergunakan jaringan internasional Allianz di 210 negara dan wilayah, untuk sepenuhnya mematuhi peraturan – peraturan wilayah setempat.

Dengan membentuk perusahaan asuransi mereka sendiri, maka ACME dapat mengurangi biaya – biaya mereka, memastikan resiko yang sulit yang mungkin ada dapat dicover, mempunyai akses langsung ke pasar reasuransi, dan mengoptimalkan arus kas perusahaan.

Dengan memiliki perusahaan asuransi sendiri, ACME secara tidak langsung membentuk kemampuan untuk mengevaluasi resiko anak perusahaan, menetapkan kebijakan yang sesuai, menghitung premi dan kemudian mengembalikan dana yang tidak digunakan sebagai laba, atau menginvestasikannya untuk pembayaran klaim di masa depan.

Membuat program asuransi captive merupakan hal yang luas dan kompleks, karena mencakup skala global dengan berbagai wilayah dan peraturan lokal yang berbeda. Hal – hal seperti mengupdate polis asuransi dan melakukan pembayaran uang antar negara dapat menjadi suatu proses yang lambat dan panjang.

Untuk mengatasi kompleksitas program asuransi captive, AGCS telah mengembangkan solusi baru atas tantangan ini dengan menggunakan teknologi blockchain. Teknologi blockchain yang dikembangkan oleh AGCS mampu membuat segala proses dalam program asuransi captive dapat dipercepat secara berarti.

Proses polis, klaim, dan pembayaran klaim dapat dinotifikasi lebih awal, untuk diproses dan selanjutnya difinalisasi jauh lebih cepat dan tetap aman.

Katakanlah salah satu pabrik milik ACME di Brasil mengalami kejadian banjir, dalam proses tradisional, kejadian ini akan melibatkan banyak email dan percakapan telepon yang panjang untuk masuk ke dalam sistem, prosesnya bisa berjalan berminggu – minggu.

Dengan menggunakan blockchain, maka administrator lokal dapat dengan mudah mensubmit klaim banjir ini dengan cepat. Tidak ada lagi percakapan telepon antar zona waktu yang berbeda, tidak ada lagi spreadsheet yang membingungkan, dan tidak ada lagi proses email yang berkepanjangan.

Proses blockchain yang tetap dilakukan secara bertahap, akan mereduksi waktu proses dan verifikasi, dan program smart contract dan pembayaran yang tertanam di dalam blockchain memastikan segala proses dapat berjalan secara transparan, jelas, dan dapat dilacak secara real time.

Penggunaan teknologi blockchain untuk pasar asuransi captive, menganut dan mengaplikasin 4 asas pokok, yaitu kecepatan (speed), kejelasan (clarity), kesederhanaan (simplicity), dan keamanan (security). Teknologi blockchain merupakan solusi terbaru atas masalah yang sudah lama, merupakan inisiatif inovasi dan persembahan dari AGCS – Allianz Global Corporate & Specialty.

Asuransi jiwa merupakan cara terbaik mempersiapkan tabungan warisan. Di Allianz, Anda dapat mempersiapkan dana warisan dengan asuransi jiwa Allianz, mulai dari premi setara 5000 rupiah per hari.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

HP/SMS/WA/Telegram : 085 777 999 526
HP/SMS : 0852 22 218 218
Email : anugrah.allisya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s