JCI: Standard Emas dalam Pelayanan Kesehatan secara Global

Secara umum akreditasi merupakan hal yang sangat penting karena 3 hal: mengetahui apakah suatu institusi telah mencapai atau telah melebihi suatu batas minimum dari standart kualitas, memberikan petunjuk kepada user atau konsumen tentang kualitas suatu institusi, dan akreditasi merupakan suatu cara penentuan apakah suatu perpindahan nilai dapat dilakukan.

Maksud dari point terakhir contohnya, misal terdapat 2 pabrik dalam satu manajemen dimana pabrik pertama memiliki grade C, sementara pabrik kedua memiliki grade yang lebih tinggi. Bila seorang pegawai dipromosikan dan dipindah tugas dari pabrik pertama ke pabrik kedua, maka manajemen bisa mengetahui training apa saja yang diperlukan oleh pegawai itu supaya bisa mengikuti dan menyesuaikan ritme kerja pabrik kedua dengan cepat dan optimal.

Rumah sakit di Indonesia selayaknya minimal memiliki akreditasi yang dikeluarkan oleh KARS – Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia. KARS adalah badan yang dibentuk oleh Departemen Kesehatan RI untuk menyusun standar akreditasi, melakukan proses akreditasi dan memberikan sertifikat akreditasi kepada rumah sakit-rumah sakit yang telah memenuhi persyaratan standar akreditasi yang disusun oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (KARS).

Akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah kepada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang telah dilakukan. Tujuan dari akreditasi rumah sakit ini adalah agar kualitas diintegrasikan dan dibudayakan ke dalam sistem pelayanan rumah sakit.

Bagi rumah sakit dan semua pihak yang terlibat di dalamnya, akreditasi tidak semata pekerjaan administratif belaka. Sederhananya begini, misal saya bekerja bekerja di rumah sakit, saya tidak ingin tertular penyakit pasien dan sebaliknya, rumah sakit gagal melakukan tugasnya bila seorang pasien justru kondisinya memburuk karena terinfeksi penyakit lain di rumah sakit itu….jangan sampai pasien sakit ingin sembuh, malah sakitnya tertambah oleh infeksi di rumah sakit itu.

Karena itu suatu standard kualitas tertentu harus dipenuhi syarat – syarat minimumnya oleh semua rumah sakit.

Pada level yang lebih tinggi, sejumlah rumah sakit di Indonesia telah memiliki akreaditasi JCI, yang merupakan akreditasi yang diakui secara internasional. Joint Commission International (JCI) adalah divisi dari Joint Commission International, di bawah The Joint Commission. Selama lebih dari 50 tahun, The Joint Commission dan organisasinya telah mendedikasikan diri dalam peningkatan kualitas dan keselamatan kesehatan.

logo-jci-goldJCI adalah organisasi yang beranggotakan para dokter, perawat dan administrator rumah sakit dari seluruh dunia yang bertugas untuk memberikan sertifikasi khusus kepada rumah-rumah sakit di seluruh dunia yang telah menerapkan sistem pengelolaan berstandar internasional. Selain bermarkas di Amerika Serikat, JCI juga ada di Eropa, Dubai (Timur-Tengah) dan Singapura (Asia-Pacific).

Misi JCI sendiri adalah meningkatkan kualitas kesehatan secara terus-menerus kepada masyarakat, dengan bekerja sama dengan para stakeholder, mengevaluasi organisasi pelayanan kesehatan, serta memberikan inspirasi dalam peningkatan penyediaan pelayanan yang aman, efektif yang paling tinggi, dan bernilai mutunya.

Salah satu rumah sakit di Surabaya memerlukan waktu persiapan selama 3 tahun untuk memenuhi persyaratan audit dari JCI. Ini meliputi persiapan persoalan fisik bangunan rumah sakit, kelengkapan fasilitas, sampai pembentukan karakter tiap individu yang terlibat dalam pelayanan rumah sakit, sejak dari front office, penerimaan pasien, resep dan obat, hingga para dokternya.

Rumah sakit ini bersiap untuk memenuhi syarat minimum dari 1218 item parameter audit, yang kemudian terbagi dalam 14 standard besar pengelolaan rumah sakit secara benar. Ini menggambarkan betapa ketat audit dari JCI . Diperlukan itikad yang kuat dan kerja keras bagi suatu rumah sakit bila menghendaki akreditasi dari JCI.

Bagi lembaga kesehatan yang telah mendapatkan akreaditasi JCI, akan terdapat siklus akreaditasi 3 tahunan. JCI akan datang kembali untuk melakukan audit dengan prosedur dan standard yang telah diupdate, dalam kurun waktu 18 hingga 39 bulan sejak audit terakhir dilakukan. Semua laboratorium dalam rumah sakit akan diaudit lagi oleh JCI dalam waktu kurang dari 2 tahun sejak audit terakhir.

audit

 

Akreditasi JCI adalah sebuah proses yang terus tumbuh. JCI merupakan lembaga akreditasi yang memiliki standard kesehatan terbanyak yang semuanya telah diperiksa dan disetujui oleh ISQua – International Society for Quality in Health Care. Jadi standard yang digunakan oleh JCI untuk melakukan akreaditasi juga telah disetujui oleh perkumpulan para auditor masalah pelayanan kesehatan internasional.

Bila Anda berobat di rumah sakit Indonesia dengan standard JCI, jangan heran tentang biaya pengobatan yang ditagihkan kepada Anda, mungkin terasa lebih mahal bila ditakar dengan rumah sakit lainnya. Karena mendapatkan akreaditasi JCI itu susah dan perlu biaya.

JCI mempublikasikan bahwa audit yang mereka lakukan rata – rata memerlukan fee sebesar 46.000 USD untuk audit level rumah sakit secara penuh. Ini belum termasuk ongkos perjalanan, biaya akomodasi, makan, dan biaya pengeluaran lainnya para auditor JCI selama melakukan audit di rumah sakit itu, yang ditagih secara terpisah.

Itu kita hanya membicarakan biaya selama audit JCI berlangsung, biaya – biaya persiapan sebelum audit berlangsung pasti juga besar. Perbaikan fisik bangunan, melengkapi fasilitas rumah sakit dan melakukan berbagai training dan workshop bagi dokter dan pegawai rumah sakit selama 3 tahun pasti biayanya besar.

Jadi bila saat ini Anda sehat bugar, hormatilah dan jagalah kesehatan Anda, karena sakit itu tidak enak dan berobatnya mahal. Berobat di rumah sakit biasa sudah tergolong mahal, apalagi berobat di rumah sakit yang bagus karena terakreditasi secara internasional.

Di Allianz, terdapat dua produk asuransi yang bisa membantu Anda saat berobat, terutama untuk penyakit – penyakit berat yang pasti memerlukan biaya yang besar.

CI100, merupakan rider asuransi jiwa, berupa santunan uang saat peserta menderita penyakit kritis seperti jantung, kanker dan sakit ginjal….mengcover sakit kritis dari sejak tahap awal.

Smartmed Premier, merupakan asuransi kesehatan murni, yang mengcover semua biaya rawat inap sampai dengan 6 milyar per tahun, asuransi kesehatan terbaik dari Allianz.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.
logo-allianz-surabaya
HP/SMS/WA/Telegram : 085777999526
Pin BB : D47B25B3
Email : anugrah.allisya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s