Benarkah Premi Asuransi Sebuah Beban ?

Premi asuransi bukanlah suatu beban, karena asuransi adalah bentuk proteksi yang manfaatnya untuk diri kita sendiri.

strong-ant-semut-kuat

Ini adalah tahun ke tiga saya membayar premi asuransi mobil saya, dan dua tahun telah berlalu tanpa saya melakukan klaim perbaikan apa pun. Mobil masihlah dalam kondisi yang sangat baik, baret – baret memang sudah ada, namanya juga mobil dikendarai. Saya anggap baret – baret ini masihlah acceptable dan tidak mengganggu estetika mobil secara keseluruhan.

Di akhir tahun 2014, mobil ini saya beli cash…dan karenanya secara default tidak disertakan program asuransi di dalam paket penjualannya. Mobil harus saya jemput sendiri ke showroom dealer, sebab dealer enggan mengantarkan mobil yang tidak mempunyai asuransi, kecuali saya mau menandatangani surat pelepasan tanggung jawab.

Jadi asuransi mobil itu terbeli, bukan karena saya terpaksa oleh leasing atau bank, sebab mobil dibeli tidak dengan kredit. Saya membeli asuransi mobil karena saya anggap perlu, dengan fitur asuransi terlengkap yang bisa dibeli.

premi-asuransi-mobil

Meski tidak melakukan klaim perbaikan apa pun selama dua periode asuransi mobil sebelumnya, tanpa ragu – ragu saya tetap melanjutkan asuransi mobil saya di tahun ke tiga ini. Sejumlah diskon saya peroleh karena tidak pernah klaim, nilainya lumayan juga, 20%. Total premi setelah diskon adalah tiga juta seratus delapan puluh ribu rupiah.

Apakah tidak rugi, beli asuransi tapi tidak pernah klaim ?

Hm, bagi saya, saya tidak rugi apa – apa. Alasan utama saya beli asuransi mobil, karena saya menyadari jalan raya adalah tempat dimana banyak kejadian tidak menyenangkan bisa terjadi. Bahkan, mengemudi di jalan raya adalah pekerjaan paling berbahaya di muka bumi ini: Pekerjaan Paling Berbahaya

Seperti dijelaskan artikel itu, jumlah korban di jalan raya dalam setahun, melebihi jumlah korban perang Irak – Iran dalam 8 tahun masa perang…luar biasa, dan karenanya jangan pernah sekali pun menganggap remeh jalan raya.

Kalau saya tidak melakukan klaim, alhamdulillah, artinya banyak kejadian tidak menyenangkan di jalan raya itu tidak menimpa saya. Ini suatu nikmat, jadi mengapa harus merasa rugi ?

mobil-tertimpa1mobil-tertimpa2Premi sebesar tiga juta seratus delapan puluh ribu rupiah, bila dibagi 12 bulan, nilainya adalah 265 ribu sebulan…ya saya anggap saja saya belanja extra pertamax 1 kali, dan mobil saya bisa tercover asuransi all risk yang full fitur. Tidak mahal sebenarnya.

Bila dipertimbangkan lagi, semua kejadian tidak menyenangkan di jalan raya datangnya bisa kapan pun. Tidak ada seorang pun yang berniat terlibat di dalamnya, namun orang yang memiliki asuransi lebih siap dalam menghadapi dampak dari kejadian tidak menyenangkan tersebut.

Tidak ada seorang pun dalam cuplikan berita – berita di bawah ini, yang berpikir sehari sebelumnya, akan terlibat dalam bencana kecelakaan jalan raya hari besoknya.

laka-jatim

Jadi, saya tidak melihat premi asuransi mobil saya sebagai beban. Uang 265 ribu rupiah sebulan, adalah jumlah yang sangat layak untuk dibayar, untuk manfaat proteksi di bawah ini.

premi-asuransi-mobil-part

Premi asuransi bukanlah suatu beban, karena asuransi adalah bentuk proteksi yang manfaatnya untuk diri kita sendiri.

Asuransi jiwa merupakan cara terbaik mempersiapkan tabungan warisan. Di Allianz, Anda dapat mempersiapkan dana warisan dengan asuransi jiwa Allianz, mulai dari premi setara 5000 rupiah per hari.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.
logo-allianz-surabaya
HP/SMS/WA/Telegram : 085777999526
Pin BB : D47B25B3
Email : anugrah.allisya@gmail.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s