Meski Ekonomi Melambat, Asuransi Jiwa Tetap Tumbuh Subur

“Kami sangat senang dan bersyukur, di kuartal III/2016 ini industri asuransi jiwa Indonesia dapat mencatatkan kinerja pertumbuhan yang sangat baik,” jelas Hendrisman Rahim, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

kenaikan-pertumbuhan

Pertumbuhan industri asuransi jiwa sampai dengan kuartal ke tiga di tahun 2016 ini mencatatkan kinerja yang menggembirakan. Meskipun dibayangi oleh kondisi perekonomian yang cenderung melambat tahun ini, hal tersebut tidak menghalangi pertumbuhan pendapatan premi, pertumbuhan hasil investasi, dan kenaikan realisasi pembayaran klaim.

“Total pendapatan naik menjadi Rp 158,65 triliun pada kuartal III tahun ini, lebih besar dari periode yang sama tahun lalu Rp 89,1 triliun,” kata Hendrisman Rahim, dalam paparan kinerja di XXI Lounge Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (18/11/2016).

“Kami sangat senang dan bersyukur, di kuartal III/2016 ini industri asuransi jiwa Indonesia dapat mencatatkan kinerja pertumbuhan yang sangat baik,” jelas Hendrisman Rahim, Ketua Umum Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI)

aaji

Hendrisman menyatakan, pertumbuhan ini disokong total pendapatan premi yang meningkat yaitu sekitar 73,2% terhadap total pendapatan industri asuransi jiwa secara umum. Total pendapatan premi pada kuartal ini tercatat sebesar Rp116,06 triliun, atau meningkat 15,1% dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Sambungnya, kenaikan tersebut didukung oleh meningkatnya pendapatan premi dari saluran-saluran distribusi. Khususnya, saluran distribusi bancassurance, yang mengalami pertumbuhan sebesar 32% serta berkontribusi 42% dari keseluruhan total pendapatan premi industri asuransi jiwa.

Hendrisman juga mengungkapkan, hasil investasi juga mengalami lonjakan signifikan 329,1%, dari sebelumnya minus Rp 15,91 triliun di kuartal III-2015, menjadi Rp 36,45 triliun di periode yang sama tahun ini. Kemudian kenaikan klaim reasuransi 1,2% dari Rp 2,06 triliun menjadi Rp 2,09 triliun, serta pendapatan lainnya naik sebesar 88,9% dari Rp 2,14 triliun menjadi Rp 4,04 triliun.

Menurut Hendrisman, pertumbuhan hasil investasi sangat memengaruhi total pendapatan industri asuransi jiwa. Pada kesempatan yang sama, Hendrisman juga mengungkapkan kenaikan pertumbuhan klaim.

“Dari sisi klaim juga mengalami kenaikan 17,3% dari Rp 61,76 triliun di kuartal III-2015 menjadi Rp 72,45 triliun periode yang sama 2016. Klaim di kuartal III tahun ini tersebut meliputi klaim perorangan sebanyak 17,41 juta orang, dan klaim kumpulan 40,75 juta orang,” ujar Hendrisman.

Di tempat yang sama Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga AAJI Christine Setyabudhi mengatakan, pembayaran klaim nilai tebus (surrender) mencapai Rp39,82 triliun. Klaim nilai tebus ini mengalami peningkatan sebesar 38,3% dibanding tahun sebelumnya.

“Hal ini karena adanya perilaku konsumen yang melakukan perubahan produk atau membeli produk lain yang dinilai lebih baik dengan menutup polis lamanya terlebih dahulu,” ujarnya.

Dia menyebutkan, klaim kesehatan (medical) meningkat 22,3% menjadi Rp7,34 triliun dari Rp6 triliun pada periode sama tahun sebelumnya. Sementara untuk klaim kontrak pada kuartal ini mencapai Rp7,06 triliun dan klaim meninggal dunia meningkat Rp5,26 triliun.

“Klaim merupakan kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan asuransi jiwa, dan kami berkomitmen untuk selalu memenuhi kewajiban klaim kepada masyarakat,” tandas Christine.

Asuransi jiwa merupakan cara terbaik mempersiapkan tabungan warisan. Di Allianz, Anda dapat mempersiapkan dana warisan dengan asuransi jiwa Allianz, mulai dari premi setara 5000 rupiah per hari.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya.

logo-allianz-surabaya

HP/SMS/WA/Telegram : 085777999526
Pin BB : D47B25B3
Email : anugrah.allisya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s