Stem Cell: Pengobatan untuk Penyakit – Penyakit Berat

Terapi stemcell merupakan suatu terobosan dalam dunia pengobatan modern, karena metode pengobatan ini tidak semata bertujuan memperpanjang usia harapan hidup penderita penyakit – penyakit berat semacam jantung, stroke, kanker, penyakit auto imune, parkinson, diabetes dan lain – lain, terapi ini juga memungkinkan tingkat pemulihan dan penyembuhan yang cukup menjanjikan.

330px-stem_cell_treatments-svg

Praktik terapi stemcell mulai terdengar di Amerika Serikat, pada tahun 2005, sementara di Indonesia sendiri, pada tahun 2007 sudah dilaksanakan terapi stem cell pada penderita penyakit jantung di RSCM Jakarta. Laboratorium ReGenic (Regenerative and Cellular Therapy) merupakan Lab pertama di Indonesia yang berwenang melakukan pengolahan sell punca atau dengan nama lain stem cell untuk terapi.

Terapi stem cell di Indonesia masih dalam tahap penelitian, dan saat ini hanya 11 rumah sakit di Indonesia yang menjadi pusat pengembangan pelayanan medis penelitian dan pendidikan bank-jaringan dan sel punca atau stem cell.

Sebelas rumah sakit tersebut diantaranya adalah Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dan Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya sebagai pembina. Kemudian, berikutnya adalah RS Dr. M. Djamil, Padang, Sumatera Barat, RS Jantung Harapan Kita, Jakarta, RS Fatmawati, RS Kanker Dharmais, RS Persahabatan, RS Dr. Hasan Sadikin, Bandung, RS Dr. Sardjito, Yogyakarta, RS Dr. Karyadi, Semarang, dan RS Sanglah, Bali.

Berikut ini merupakan tulisan pemaparan Dr. Purwati, dr, SpPD, FINASIM, yang kami ambil dari web RSUD Dr Soetomo tentang stem cell.

Stem cell merupakan hal yang tergolong baru dalam dunia kedokteran. Stem cell disebut juga sel punca atau sel induk merupakan pengobatan regenerative (Regenerative medicine) yakni suatu usaha  inovasi intervensi medis yang berusaha memperbaiki kerusakan tubuh meliputi repair, replace, restore and regenerate kerusakan jaringan dan organ. Regenerative medicine juga melibatkan usaha untuk meningkatkan  pertumbuhan  jaringan dan organ di laboratorium, serta implantasi jaringan dan organ. Sekarang ini stem cell masih dalam tahap pengembangan, baik di Negara maju ataupun berkembang. Agar tidak tertinggal, Indonesia pun mulai mengembangkan metode pengobatan stem cell.

Sejak tahun 2010, RSUD Dr. Soetomo bersama dengan ITD (Institute of Tropical Disease) dan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) membentuk Surabaya Regenerative Medicine Centre sebagai Pusat Stem Cell. Dimana untuk proses riset dasar in vitro di laboratorium dan animal study dilakukan di ITD Unair. Proses ini bertujuan untuk memantapkan stabilitas dan keamanan sel sebelum diaplikasikan ke pada pasien. Setelah sel stabil dan aman maka proses selanjutnya adalah isolasi dan culture stem cell yang dilakukan di Instalasi Bank Jaringan RSUD Dr. Soetomo untuk kemudian diaplikasikan kepada pasien.

Macam Stem Cell

Sumber stem cell bisa berasal dari diri sendiri (Autologus), dari orang lain (Allogenic), dan dari hewan (Xenogenic). Untuk Allogenic terbagi lagi menjadi Adult stem cells dan Embryonic stem cells.

Adult stem cell bisa didapatkan dari sumsum tulang (bone marrow), jaringan lemak (adipose), darah tepi/ PBMCS (Peripheral Blood Mononucleated Cell), jaringan kulit dan Umbilical Cord Blood Cells (UMCB). Adult stem cell bersifat multipotent yakni dia bisa berpoliferasi dan berdiferensiasi menjadi berbagai macam sel yang ada di dalam tubuh. Sifat stem cell ini disebut homing dan plasticity.

Sementara Embryonic stem cell berasal dari embrio manusia yang bisa didapatkan melalui aborted fetuses (cadaveric stem cell), discarded embryos (in vitro fertilization), dan  research embryos (created in laboratory). Meski embryonic stem cell memiliki kelebihan pluripotent yakni bisa berdiferensiasi menjadi 3 lapisan atau germinal layer (ectodermmesoderm dan endoderm), namun sel ini juga mempunyai sifat highly immune rejection (penolakan yang tinggi terhadap imunitas) serta mempunyai potensi untuk terjadinya cancer atau teratoma sebesar 10%.

Oleh sebab itulah, Surabaya Regenerative Medicine Centre menggunakan stem cell yang berasal dari Autologus dan Allogenic yang berasal dari adult stem cells karena relatif lebih aman.

Manfaat Stem cell

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa stem cell atau sel punca memiliki sifat homing dan plasticity yang berarti ketika stem cell dimasukkan ke dalam tubuh dia akan mencari daerah cedera dan akan berpoliferasi dan berdiferensiasi menjadi jaringan sesuai dengan lingkungan tempat dia tumbuh. Melalui sifat stem cell ini bisa dilakukan penyembuhan pada kerusakan organ dan jaringan berbentuk regenerasi atau perbaikan (repair).

Regenerasi merupakan tujuan utama pada terapi dengan sel punca. Perbaikan (repair) akan menghasilkan jaringan ikat yang mengisi atau menggantikan bagian organ / jaringan yang rusak. Hal ini terjadi karena sel dan jaringan yang terbentuk untuk mengisi bagian organ / jaringan yang rusak sama seperti sel atau jaringan aslinya.

Kegunaan stem cell dapat untuk mengatasi berbagai macam penyakit terutama penyakit degenerative dan penyakit-penyakit lainnya seperti autoimmune diseases maupun keganasan atau cancer.

Hingga saat ini Surabaya Regenerative Medicine Centre melalui Instalasi Bank Jaringan RSUD Dr. Soetomo telah menangani 80 pasien dengan berbagai penyakit menggunakan metode stem cell, yaitu :

Diabetes Mellitus (DM)
Kanker padat dan kanker darah (leukemia, MM, dll)
Stroke
Penyakit jantung
Kelainan retina
Wound
Cartilage
Bone
Plexus repair
Infection (Sepsis)
Autoimmune diseases (Spondiloarthropathy)
Tendon repair
Parkinson
Cerebral Palsy (CP)
Osteoarthritis
Rheumathoid Arthritis, dll

Sementara untuk pengobatan stem cell bagi pasien gagal ginjal saat ini masih dalam tahap evaluasi.

Karena stem cell merupakan pelayanan berbasis riset maka perkembangan masing-masing pasien harus selalu dipantau, dievaluasi, dan dicatat. Keberhasilan pengobatan ini berbeda pada tiap pasien tergantung dari respon si pasien dan stadium penyakitnya, rata – rata keberhasilannya saat ini 70% – 80%.

Standard terapi stem cell adalah antara 3 – 5 kali suntik dengan sela satu bulan dan bila hasil evaluasi bagus selanjutnya pasien cukup setahun sekali suntik. Biaya per satu kali pemberian suntik adalah Rp. 35 juta – 50 juta.

Selain untuk regenerasi dan perbaikan, stem cell juga digunakan untuk peremajaan, seperti peremajaan kulit. Terkait dengan manfaat ini program kedepannya, Surabaya Regenerative Medicine Centre akan mengembangkan produk stem cell untuk kecantikan berupa serum anti-aging (awet muda). Pengembangan ini sekarang dalam tahap trial (percobaan) dan diharapkan nantinya produk tersebut dapat diproduksi secara massal.

Alur Pelayanan Stem Cell

1.Dokter spesialis mengajukan kepada Pusat Kedokteran Regeneratif & Stem Cell untuk terapi stem cell bagi pasiennya, atau pasien datang langsung ke Pusat Kedokteran Regeneratif & Stem cell akan dirujuk ke dokter spesialis sesuai dengan bidang ilmunya.

2.Setelah di evaluasi oleh dokter spesialis terkait, Pusat Kedokteran Regeneratif & Stem cell akan membentuk tim terkait untuk mengkaji prosedur pemberian terapi stem cell.

3.Pelayanan terapi stem cell.

4.Evaluasi dan monitoring oleh dokter spesialis dan Pusat Kedokteran Regeneratif & Stem cell. 

bagan-pelayanan-stemcell

Informasi tentang Stem cell :
Pusat Kedokteran Regeneratif
Sekretariat :
Instalasi Bank Jaringan dan Sel RSUD Dr. Soetomo
Jl. Mayjen Prof Dr. Moestopo 6-8
Surabaya 60286
Telp : 031 5038335/ 5501525 ext. 3436

Manfaatkanlah program CI100 Allianz untuk kebutuhan asuransi penyakit kritis Anda, yang mengcover 100 kondisi penyakit kritis sejak dari tahap awal. Santunan uang pertanggungan CI100 dapat dipergunakan untuk terapi stem cell ini.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya.

logo-allianz-surabaya

HP/SMS/WA/Telegram : 085777999526
Pin BB : D47B25B3
Email : anugrah.allisya@gmail.com

Sumber dan diolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s