Menara Jeddah: Benar – Benar Mencakar Langit, Tingginya 1 Kilometer Lebih

Pembangunan Menara Jeddah diasuransikan di suatu konsorsium beranggotakan 10 perusahaan asuransi, dengan Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS) sebagai pemimpinnya.

kingdom-tower-jeddah1

Di masa lalu, Amerika Serikat dipercaya sebagai kiblat bangunan – bangunan pencakar langit. Era itu telah berubah. Saat ini, 75% dari bangunan pencakar langit tertinggi terletak di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

towers-usa

Saat ini, pembangunan gedung pencakar langit berketinggian 1 kilometer lebih, merupakan yang pertama di dunia, sedang dibangun di Arab Saudi. Allianz bersama dengan beberapa perusahaan lainnya, merupakan perusahaan asuransi pembangunan Menara Jeddah, pencakar langit berketinggian 1 kilometer pertama di dunia.

clive-trencher

Clive Trencher selalu terkagum – kagum dengan bangunan – bangunan pencakar langit di era modern ini, dengan keberanian desainernya dalam merancang dan mewujudkannya, dengan rekayasa struktural bangunan yang inovativ, dan dengan keanggunan penampilan bangunan – bangunan pencakar langit itu.

Clive adalah seorang insinyur profesional yang  berpengalaman, saat ini bekerja di Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS) yang berbasis di London. Clive saat ini berada lebih dekat dengan bangunan yang dikaguminya itu, ia adalah penanggung jawab penilaian resiko asuransi untuk pembangunan bangunan pencakar langit tertinggi di dunia –Menara Jeddah, di Arab Saudi.

Menara Jeddah akan berdiri menjulang lebih dari 1 kilometer, bakal merupakan gedung tertinggi di dunia, di bawah pengelolaan Jeddah Economic Company, yang dikuasai oleh Kingdom Holding Company. Bangunan ini menghadap Laut Merah, berbiaya awal sebesar 4.6 milyar Saudi Real, setara dengan US$ 1.23 milyar, atau sekitar 15 triliun rupiah, direncakan akan selesai di 2019.

Pembangunan Menara Jeddah diasuransikan di suatu konsorsium perusahaan asuransi beranggotakan 10 perusahaan asuransi, dengan Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS) sebagai pemimpinnya.

Para ahli analisa resiko di AGCS merupakan para profesional paling berpengalaman dalam hal pembangunan gedung pencakar langit dunia. Mereka terlibat dalam pembangunan Menara Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia, yang merupakan bangunan tertinggi pertama yang berada di luar Amerika. Para ahli analisa resiko AGCS juga terlibat di pembangunan menara Taipei 101 di Taiwan, yang bahkan pada saat proses pembangunannya pun telah dihantam oleh gempa bumi berkekuatan 6.8 skala Richter.

Tim ahli Allianz juga terlibat pada pembangunan menara One World Trade Center di New York, menara Shard di London berketinggian 310 meter, yang merupakan pencakar langit tertinggi di Eropa Barat. Allianz juga menaungi asuransi perlindungan pembangunan menara Burj Khalifa di Dubai, yang paling tidak sampai saat ini menjadi bangunan tertinggi di dunia.

Allianz merupakan perusahaan asuransi di ke empat bangunan pencakar langit ini

towers-agcs

Trencher sangat terkesan dengan desain dan rekayasa teknik dalam pembangunan Menara Jeddah. Gedung itu akan terdiri dari hotel bintang lima, apartemen, ruang kantor, didesain untuk 50.000 orang tinggal dan bekerja di pencakar langit ini,  bangunan akan terdiri dari 167 lantai, dilengkapi dengan dek observasi tertinggi di dunia pada ketinggian 630 meter, dan akan terdapat sebuah penthouse di puncak bangunan.

king-tower-obs-deck

Pada bangunan pencakar langit, lift merupakan desain yang sangat diperhatikan. Menara Jeddah memiliki 58 lift berkecepatan 10 meter per detik, menggunakan kabel lift yang bukan terbuat kabel baja, melainkan kabel yang terbuat dari serat karbon. Poros dari lift akan memiliki ketinggian lebih dari 600 meter.

Ketinggian merupakan sebuah tantangan juga untuk teknologi pengecoran beton yang akan digunakan. Beton dengan spesifikasi sangat kuat dan tahan lama diperlukan untuk bangunan yang sangat tinggi, pompa – pompa pengecoran berkekuatan besar juga diperlukan untuk melakukan pengecoran di ketinggian sampai dengan 600 meter dalam satu rentang waktu.

kingdom-tower

Bangunan ditaksir memiliki bobot satu juta ton, disangga oleh 270 tiang beton yang masing – masing memiliki pondasi 150 meter, tertanam di dalam tanah. Menara Jeddah layaknya sebuah pernyataan atau lambang, sebuah menara super yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

Menara ini didesain oleh arsitek asal Chicago, Adrian Smith, dari firma Adrian Smith + Gordon Gill Architecture (AS + GG). Kedua arsitek itu merupakan perancang menara Burj Khalifa ketika masih bekerja untuk firma arsitek Skidmore, Owings & Merill (SOM).

Terlepas dari semua kecanggihan teknologi yang digunakan dalam pembangunannya, tantangan – tantangan besar bermunculan saat pembangunan gedung berlantai sangat tinggi ini, yang membuat para insinyur berkeringat dingin memikirkannya. Di saat kondisi darurat, bagaimana cara melakukan evakuasi ribuan orang yang tinggal dan bekerja di kota vertikal ini ?

Bagaimana cara mengantisipasi serangan terorisme dan serangan lewat internet yang mungkin terjadi ? Bagaimana cara mengatasi kebakaran ? Bagaimana cara memastikan bangunan menara sangat tinggi ini tidak berayun manakala badai terjadi ? Bagaimana cara memastikan pasokan listrik dan air tetap terjaga ?

Bagaimana cara agar perpindahan puluhan ribu orang selama di dalam gedung super tinggi tidak kacau dan orang tetap dapat sampai ke tujuannya di dalam gedung tepat waktu ? Dan akhirnya bagaimana cara menghancurkan bangunan beton dan berkaca super tinggi ini dengan aman dan ekonomis di masa akhir siklus hidupnya ?

Apakah gedung pencakar langit ini akan berfungsi dalam kehidupan nyata sebagaimana para arsitek bayangkan dalam desain, hanya akan menjadi jelas dalam praktek sehari – hari nantinya. Saat semua lantai telah terhuni dan semua orang menyalakan keran secara bersamaan, atau menyalakan AC secara bersamaan, atau semua lift sedang digunakan bersamaan, hal – hal itu akan menjadi ujian sesungguhnya terhadap desain pencakar langit tertinggi dunia, Menara Jeddah.

Asuransi jiwa merupakan cara terbaik mempersiapkan tabungan warisan. Di Allianz, Anda dapat mempersiapkan dana warisan dengan asuransi jiwa Allianz, mulai dari premi setara 5000 rupiah per hari.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.
logo-allianz-surabaya
HP/SMS/WA/Telegram : 085777999526
Pin BB : D47B25B3
Email : anugrah.allisya@gmail.com

 

Sumber: Jurnal Allianz International dan diolah

Iklan

One thought on “Menara Jeddah: Benar – Benar Mencakar Langit, Tingginya 1 Kilometer Lebih”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s