Punya Asuransi Kesehatan Terbaik pun Masih Perlu Asuransi Penyakit Kritis

“Asuransi kesehatan tidak memberikan uang tunai dalam jumlah besar; sesuatu yang sangat dibutuhkan ketika mengalami penyakit kritis.”

Asuransi bersifat melindungi kita dari akibat kejadian yang sifatnya tidak pasti, dan bila terjadi akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Salah satu kejadian tidak pasti yang menyedot banyak biaya adalah terkena sakit kritis. Mungkin kita telah (merasa) berusaha untuk selalu hidup sehat, dan kita sampai saat ini merasa sangat fit, sehat wal afiat, namun salah satu sifat tentang sakit kritis adalah sifatnya yang menyerang secara diam – diam, tidak disadari oleh calon penderitanya, lalu terakumulasi oleh waktu, untuk kemudian pada waktunya berakibat sangat serius pada penderitanya.

Sakit kritis JantungSebagian besar penyakit kritis tidaklah datang secara tiba – tiba,
namun merupakan akumulasi kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat. Sebagian sebab juga ditunjang oleh faktor keturunan, kebiasaan, dan hal – hal di luar kontrol kita karena hidup di jaman yang serba modern ini. Stres pekerjaan, polusi udara, asap rokok, kebanyakan duduk dan kurang berolah raga, makanan yang digoreng, makanan yang mengandung bahan kimia, tidur yang kurang, adalah sebagian contoh sebab yang bisa memicu penyakit kritis. Hal – hal tadi bisa secara negatif mempengaruhi metabolisme tubuh, yaitu segala reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh, termasuk yang terjadi di tingkat sel tubuh. Kadar gula darah, asam urat, kolesterol, dan menumpuknya lemak, berperan memicu timbulnya penyakit kritis. Semua itu terkumpul sedikit demi sedikit, menumpuk terus, seringkali tanpa disadari.

Penyakit kritis tidak hanya terbatas pada penyakit, tapi juga kondisi tertentu yang tergolong berat dan tidak tersembuhkan, yang bisa disebabkan kecelakaan. Antara lain: lumpuh, buta, tuli, bisu, koma, dan luka bakar.

Penyakit kritis bisa menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin dan usia. Pria, wanita, tua atau  pun muda pun bisa terkena sakit kritis. Penyakit kritis bisa menimbulkan hilangnya produktivitas atau kemampuan bekerja yang tentunya berpengaruh pada penghasilan dan gaya hidup.

Penyakit kritis tidak menimbukan dampak besar pada keuangan suatu keluarga jika dan hanya jika penderita meninggal dunia tidak lama setelah terkena penyakit kritis. Namun hal ini sifatnya tidak pasti, dan yang pasti adalah bila kondisi penyakit kritis berlangsung relatif lama, maka biaya pengobatan, perawatan dan pemulihan akan menjadi sangat besar.

operasiContoh: Gagal kedua ginjal, harus cuci darah setiap minggu hingga
seumur hidup dan tidak boleh kerja berat lagi. Stroke, lumpuh separuh badan, tidak bisa bekerja lagi dan butuh penghasilan untuk hidup sehari-hari. Kanker, badan melemah perlahan-lahan, butuh suplemen penguat tubuh setiap hari, biaya perawatan yang terus-menerus membuat keuangan keluarga terkuras.

Biaya untuk mengatasi penyakit kritis tidak hanya terfokus pada pengobatan dan perawatan penderitanya selama di rumah sakit. Banyak hal harus diingat dan dipertimbangkan di luar biaya pengobatan dan perawatan penderitanya di rumah sakit. Beberapa yang bisa dirangkum tentang hal – hal di luar pengobatan dan perawatan penderitanya di rumah sakit adalah:

  • Akomodasi untuk orang yang menemani, seperti transportasi, penginapan, biaya makan, dan lain-lain. Orang yang menemani si sakit ini bisa jadi bukan satu-dua orang. Biaya akan lebih besar jika perawatan dilakukan di luar negeri.
  • Perawatan lanjutan sepulang dari rumah sakit, seperti perawat di rumah dalam jangka waktu yang lama (untuk kasus stroke atau lumpuh), cuci darah hingga seumur hidup (untuk kasus gagal ginjal), suplemen untuk penguat tubuh yang pada umumnya berharga mahal (seperti produk kesehatan yang sering ditawarkan MLM), atau perawatan di tempat pengobatan alternatif.
  • Biaya hidup selama tidak bekerja karena menjalani perawatan, dan biaya hidup untuk keluarga jika tidak bisa bekerja lagi untuk seterusnya.
  • Segala keperluan dan cita-cita lain yang bisa terganggu akibat mengalami penyakit kritis, seperti dana pendidikan anak, rencana pensiun, cicilan rumah, cicilan mobil, rencana liburan, hingga rencana perjalanan ibadah.

Disinilah peran penting asuransi penyakit kritis. Meskipun kita sudah memiliki asuransi kesehatan yang sangat bagus, mempunyai asuransi penyakit kritis merupakan tetap suatu kebutuhan. Asuransi penyakit kritis bisa membantu berbagai biaya dan keperluan semacam hal – hal di atas, karena klaim asuransi penyakit kritis diberikan dalam bentuk uang tunai (cash). Besarnya sesuai jumlah uang pertanggungan (UP) yang tercantum dalam polis.

Saat terkena penyakit kritis, yang berperan pertama untuk perawatan atau pengobatan adalah asuransi kesehatan, baik asuransi kesehatan fasilitas dari tempat bekerja, atau polis asuransi kesehatan swasta pribadi, atau minimal asuransi kesehatan program Pemerintah (BPJS).

Marilah kita anggap pengobatan dan perawatan penderita selama sakit kritis di rumah sakit bisa dicover oleh asuransi kesehatan, salah satu atau gabungan beberapa jenis asuransi kesehatan yang disebut di atas. Dan selanjutnya, ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan dengan memiliki santunan dari asuransi penyakit kritis:

  • Dana untuk perawatan lanjutan dalam rangka pemulihan penderita, yang biasanya bersifat rawat jalan. Asuransi kesehatan dari perusahaan tempat bekerja memiliki limit tertentu yang bisa tidak cukup untuk rawat jalan, sementara asuransi kesehatan perorangan rawat jalan limitnya lebih terbatas. Rawat jalan mungkin bisa dilakukan dengan BPJS, dan dana dari santunan asuransi penyakit kritis bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang menunjang rawat jalan di luar yang bisa ditanggung oleh BPJS. Membeli suplemen atau vitamin terbaik misalnya, atau melakukan perawatan tambahan di luar BPJS yang bisa mempercepat pemulihan sakit kritis.
  • Dana santunan asuransi penyakit kritis merupakan pengganti penghasilan ketika penyakit kritis yang diderita menimbulkan dampak hilangnya produktivitas sehingga tidak bisa bekerja lagi. Di sinilah nilai penting dan strategis asuransi penyakit kritis yang tidak bisa digantikan oleh asuransi kesehatan sebagus apa pun, termasuk BPJS.

Bila Anda telah memiliki polis asuransi penyakit kritis, saya ucapkan selamat, dan saya ikut berharap semoga Anda tidak perlu mempergunakannya….mungkin bila polis tersebut sudah cukup lama dibuat, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade uang pertanggungannya.

Bila Anda belum mempunyai polis asuransi penyakit kritis, maka pertimbangkan untuk segera membuatnya. Karena dampak dari penyakit kritis bisa lebih terasa tidak enak dari kematian.

Manfaatkanlah program CI100 Allianz untuk kebutuhan asuransi penyakit kritis Anda, yang mengcover 100 kondisi penyakit kritis sejak dari tahap awal.

Untuk layanan konsultasi gratis asuransi jiwa dan kesehatan Allianz, hubungilah kami, Agen Asuransi Allianz di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur.

logo-allianz-surabaya

HP/SMS/WA/Telegram : 085777999526
Pin BB : D47B25B3
Email : anugrah.allisya@gmail.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s